Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Android

Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Android – Dinalik smartphone android yang menurut sebagian besar orang merupakan ponsel sempurna, tetapi perangkat satu ini memiliki banyak permasalahan salah satunya kinerja yang seringkali lambat. Namun munculnya masalah bukan tanpa akibat yang tidak pasti, lambatnya kinerja dari android bisa saja disebabkan oleh RAM yang kurang memadai untuk menjalankan kegiatan multitasking atau penuhnya aplikasi yang terpasang didalam smartphone. Bahkan sakin lemotnya kinerja smartphone android tersebut, pada saat kita sedang menjalankan aplikasi atau lainnya tiba-tiba ponsel hang dengan sendirinya, tentu masalah ini sudah termasuk masalah serius. Karena dibeberapa kasus, smartphone yang nge hang, bisa saja menghapus file yang ada pada smartphone android karena pada saat hang sistem mengalami kerusakan.

Maka dari itu jika ingin kinerja ponsel Android yang kita miliki tidak lemot, kita perlu cermat dalam memasang aplikasi di smartphone. Selain itu, diperlukan langkah restart rutin agar kondisi smartphone kembali fresh. Namun selain cara-cara tadi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone android yang kita miliki. Penasara? Simak saja ulasan kami yang berikut ini.

Mempercepat Kinerja Android

1. Menggunakan RAM Boosters

Bersihkanlah memori RAM secara rutin setelah smartphone selesai digunakan. Sebagian pengguna android sering lupa atau malas membersihkan memori RAM setelah selesai menggunakannya, hal ini membuat aplikasi menumpuk di RAM dan menjadikan kinerja lemot. Selain rutin membersihkan RAM, anda perlu juga memakai aplikasi pendukung yakni RAM Booster agar kinerja ponsel android anda lebih cepat dan ringan.

2. Mengganti Launcher

Jangan pernah menggunakan launcher dengan kapasitas berat, karena itu akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat. Namun jika anda bosan dengan tampilan android anda yang standar, silahkan unduh aplikasi launcher diplay store dengan catatan ukuran dari launcher tersebut jangan terlalu besar.

3. Memanage Penyimpanan Internal

Selain karena SD Card yang penuh sesak dapat membuat kinerja ponsel jadi lambat, memori internal yang penuh juga akan menimbulkan masalah yang tidak jauh beda. Dalam hal ini yang perlu anda lakukan adalah menginstall aplikasi bernama LagFix, cara kerjanya adalah menghapus aplikasi yang tidak pentig atau kurang efektif dipakai di smartphone dengan begitu kinerja smartphone akan kembali normal seperti biasa.

4. Mengganti SD Card

Kinerja smartphone yang lemot bisa dikarenakan kapasitas SD Card yang sudah penuh sesak. Untuk itu, anda perlu menghapus file atau data yang memang dianggap tidak penting lagi atau bila pelru ganti dengan SD Card baru yang memiliki kapasitas lebih besar. Aplikasi atau file yang memenuhi SD card memang biasa menyebabkan kinerja smartphone menjadi lelet.

5. Mematikan Animasi Lewat Menu Developer

Smartphone yang lelet atau lambat, bisa saja karena fitur default yang dimiliki perangkat tersebut. Untuk mengatasinya adalah dengan akses ke Developer Option lalu pilih pengaturan dan sesuaikanlah dengan keinginan dan kebutuhan anda. Pada menu tersebut memungkinkan anda untuk menonaktifkan animasi yang terdapat atau sedang berjalan diarea belakang layar. Dengan demikian ponsel akan lebih ringan dan cepat pada saat digunakan.

Mungkin itu saja sedikit tips dan cara mempercepat kinerja android yang bisa kami bagikan untuk anda pada pekan kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan dengan pembahasan yang lebih menarik lagi.

Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Android | Acim | 4.5