Ini Dia Perbedaan Antara HDD dan SSD

Ini Dia Perbedaan Antara HDD dan SSD – SSD dan HDD merupakan salah satu sistem penyimpanan data eksternal yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data dan data instalasi pada lapto/PC. Mungkin untuk orang yang sering menggunakan PC/Laptop tenti sudah mengerti apa itu artian SSD dan HDD. Namun, tahukah anda perbedaan dari SSD dan HDD ini, nah untuk anda yang masih belum tahu tentang perbedaan dari kedua penyimpanan eksternal ini, kami akan berbagi informasinya untuk anda.

Pertama adalah SSD (Solid State Drive), sistem penyimpanan eksternal ini memiliki cara kerja yang bisa dibilang canggih dan memiliki kecepatan lebih dalam membaca data dan proses baca tulis pada PC/Laptop. Seperti yang kita tahu, kalau ukuran dari SSD ini lebih kecil jika dibandingkan HDD yang memiliki ukuran besar, itula sebabnya kenapa harga dari SSD ini lebih tinggi dari harga HDD. SSD ini diklaim mampu menyimpan data mencapai 200 tahun tanpa harus khawatir akan terhapus nya data secara tiba-tiba. Itulah perkembangan yang sangat pesat dalam dunia penyimpanan komputer atau Hard Drive Komputer.

HDD dan SSD

Masih menyangkut SSD, cara kerja dari sistem penyimpanan dari SSD ini memiliki kesamaan dengan flashdisk, bahkan ada yang bilang kalau SSD ini adalah versi terbaru dari flashdisk. Akan tetapi, SSD ini lebih canggih dari flashdisk dan SSD menggunakan serangkaian kode IC sebagai memori penyimpan data atau informasi. Kinerja dari SSD ini lebih cepat dari HDD karena SSD bergerak secara elektrik. Sistem penyimpanan yang satu ini telah menggunakan komponsen flash memori dengan berbasis pada NAND yang tidak lain adalah jenis memori Non-Voltaile. Non-Voltaile adalah sebuah teknologi yang memungkinkan untuk menyimpan data meskipun pasokan tegangan listriknya dimatikan, hal ini juga memungkinkan data akan lebih aman serta tidak mudah hilang meskipun terhentinya pasokan listrik atau juga konsleting.

Advertisement

Untuk HDD sendiri adalah kependekan dari Hard Disk Drive. HDD masih sama dengan SSD yakni sebuah sistem penyimapan eksternal, namun cara kerjanya masih mekanik dalam hal mengambil dan menyimpan suatu data atau pun informasi. Jika disandingkan dengan SSD, teknologi dari HDD ini bisa dibilang jauh tertiggal, namun hal tersebut tidak mengurangi peminat dari para pengguna HDD ini. Masih banyak yang memanfaatkan HDD ini sebagai alat penyimpanan data dan informasi pada PC/laptop, alasannya sudah pasti harga dari HDD ini lebih terjangkau dari harga SSD.

Demikian lah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan dari SSD dan HDD, semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terimakasi sudah membaca artikel kami. Terima kasih dan sampai jumpai di pembahasan lainnya.

Ini Dia Perbedaan Antara HDD dan SSD | Acim | 4.5