Review Advan A8 Terbaru 2017

Persaingan dunia gadget memang sangat ketat, mau tak mau produsen smartphone harus selalu berinovasi dengan menghadirkan produk terbaru yang sedang menjadi tren di pasar. Tak berbeda dengan produsen lokal yakni Advan yang baru saja merilis smartphone terbarunya bernama Advan A8. Ponsel ini merupakan ponsel baru dari Advan yang mengusung teknologi dual kamera belakang yang sedang menjadi tren smartphone masa kini. Agar mampu bersaing dengan merek lain seperti Xiaomi, Motorola, Samsung dan yang lain, ponsel ini dibekali dengan segudang fitur canggih serta spesifikasi yang mumpuni. Lalu seperti apa spek dan fitur yang ditawarkan oleh ponsel berharga lebih dari 2 juta rupiah ini? Simak review Advan A8 terbaru berikut ini.

Review Advan A8
Pertama, kita lihat dari segi desain yang dipakai oleh ponsel ini. Ponsel ini terlihat cukup premium karena sudah mengusung bodi bermaterial metal yang dipadukan dengan desain ponsel yang elegan. Di sisi depan terpasang layar berukuran 5.5 inci bertipe IPS capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan resolusi 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 401 ppi. Dari sini sudah jelas bahwa spesifikasi layar ponsel ini tak kalah dengan merek lain karena mampu menampilkan gambar dengan sangat jernih dan juga tajam. Layarnya juga tak lupa untuk dilindungi dengan 2.5D Curved Glass Screen yang membuat layar ponsel ini tampak melengkung ketika dipandang. Alhasil, layar ponsel ini mirip seperti ponsel merek lainnya sehingga diharapkan Advan A8 mampu bersaing di luar sana. Untuk melengkapi fitur keamanan ponsel, Advan memberikan fitur canggih berupa fingerprint sensor yang terintegrasi dengan tombol Home ponsel. Fitur fingerprint ini bisa anda manfaatkan untuk berbagai otorisasi seperti transaksi finansial, kunci layar, kunci aplikasi, dan sebagainya.

Beralih ke sisi bagian dalam ponsel, Advan A8 dibekali dengan dapur pacu yang cukup gahar karena menggunakan chipset besutan Mediatek MT6750T yang diotaki oleh cpu berkekuatan octa core 1.5 GHz Cortex-A53. Alhasil performa ponsel sangat mumpuni untuk bermain berbagai game berat maupun untuk menjalankan berbagai tugas. Sedangkan untuk kemampuan tampilan grafis 3 dimensi yang lebih baik, Advan membenamkan GPU Mali-T860 MP2. Meskipun performa ponsel ini tak boleh dianggap remeh, namun penggunaan chipset Mediatek sering kali dipandang sebelah mata oleh pecinta gadget karena dikenal mudah panas ketika digunakan untuk bermain game serta lebih boros baterai. Untuk menunjang performa ponsel, Advan juga menyiapkan RAM berukuran 4 GB untuk kebutuhan multitasking. RAM yang cukup besar ini tentu akan sangat membantu performa ponsel agar tetap terjaga. OS Android 7.0 Nougat juga siap memaksimalkan kinerja ponsel sehingga pengguna ponsel ini tidak akan kecewa dengan performa ponsel. Untuk memperindah tampilan layar ponsel, Advan memberikan tampilan antarmuka berupa IDOS 7.22 yang lebih banyak fitur.

Selain memiliki dapur pacu yang cukup tinggi, ponsel ini juga memiliki berbagai fitur menarik yang tak kalah dengan merek lainnya. Yang mengejutkan adalah Advan mampu menghadirkan USB type-C pada Advan A8 ini di sisi konektivitas. Tentu dengan adanya USB type-C ini akan menarik para fans untuk membeli ponsel ini karena USB type-C dikenal lebih cepat dalam transfer file. Selain itu, ada juga fingerprint sensor yang berguna untuk keamanan ponsel. Sedangkan untuk jaringannya, Advan A8 sudah support 4G LTE Cat4 dengan kecepatan download hingga 150Mbps dan upload 50Mbps. Kapasitas penyimpanan ponsel ini juga tergolong besar dengan memori internal 32 GB. Apabila terasa masih kurang, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan menyisipkan microSD hingga berkapasitas 128 GB.

Yang spesial dari ponsel ini adalah pada sisi kamera karena sudah mengadopsi teknologi dual kamera belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 5 MP. Kamera utama ponsel ini memiliki beberapa fitur seperti phase detection autofocus, touch focus, face detection, LED Flash, dan masih banyak yang lainnya. Dengan kamera utama ponsel, pengguna bisa menghasilkan efek foto bokeh dengan sangat baik. Untuk mendukung aktifitas selfie, Advan juga sudah menyiapkan kamera depan beresolusi 8 MP. Sayangnya, Advan menanamkan baterai berkapasitas kecil 3000 mAh pada ponsel ini. Baterai ponsel ini juga belum mendukung fitur fast charging sehingga pengisian daya akan membutuhkan waktu yang lama. Untungnya ponsel ini sudah menggunakan Android Nougat sehingga penggunaan daya baterai akan lebih hemat.

Dari review Advan A8 tersebut, kita bisa mengetahui ternyata produsen lokal dapat menciptakan produk yang tak kalah premium dengan produsen luar. Lalu berapa harga Advan A8 dengan spesifikasi seperti diatas? Ponsel ini dibanderol cukup mahal yakni Rp. 2.999.000 untuk unit baru. Meskipun cukup mahal, ponsel ini dibekali dengan segudang fitur canggih dan terdapat fitur keamanan berupa Advan Secure yang memiliki beberapa tool seperti Anti Theft, Guest Mode, X-Locker, dan fingerprint.

Review Advan A8 Terbaru 2017 | Gadget Albi | 4.5