Review Huawei Mate 10 Lite Terbaru 2017

Huawei tampaknya akan segera merilis varian terbaru dari seri Huawei Mate 10 yang bernama Huawei Mate 10 Lite. Ponsel ini dikabarkan akan meramaikan persaingan ponsel pintar di segmen layar lebar. Ini dikarenakan ponsel ini sudah menggunakan layar full screen display dengan rasio 18:9 yang sedang menjadi tren baru dunia smartphone. Selain dibekali dengan bodi penuh layar, ponsel ini juga memiliki jeroan yang tak sembarangan karena memiliki chipset terbaru buatan Huawei sendiri yang diklaim sangat cepat. Selain itu, kapasitas RAM ponsel ini juga besar mencapai 4 GB yang mampu menampung banyak aplikasi ketika dibuka. Review Huawei Mate 10 Lite berikut ini akan mengupas segala informasi terkait dengan ponsel ini mulai dari yang tampak dengan mata sampai dalaman ponsel yang tak terlihat langsung.

 

Review Huawei Mate 10 Lite
Dengan bodi yang premium berbahan metal, smartphone ini siap bersaing dengan merek lainnya di segmen menengah pasar gadget. Dengan mengusung desain full screen display seperti Vivo X20, ponsel ini memiliki rasio layar yang sangat besar mencapai 18:9. Bentang layar 5.9 inci siap menemani aktifitas pengguna dengan gambar yang lebih mantap. Kualitas gambarnya juga sangat tajam karena memiliki resolusi layar 1080 x 2160 piksel. Untuk menambah kesan mewah dan elegan, Huawei memberikan fitur 2.5D Curved Glass Screen pada layarnya. Hal ini tentu saja membuat layar ponselnya tampak melengkung. Sayangnya, Huawei belum memberikan bocoran mengenai pelindung layar ponsel ini. Layarnya yang sangat lebar membuat Huawei tak bisa menyematkan sensor fingerprint pada sisi depan, alhasil pemindai sidik jari tersebut terpasang pada bagian belakang ponsel di sebelah bawah kamera. Fitur ini bisa anda gunakan untuk menjaga keamanan ponsel agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Dari sisi dapur pacu yang digunakan, performa ponsel ini tak bisa dianggap remeh. Hal ini karena chipset yang digunakan Huawei Mate 10 Lite mengadopsi chipset buatan Huawei sendiri dengan tipe Hisilicon Kirin 659 yang ditenagai oleh prosesor octa-core (4 x 2.36 Ghz Cortex-A53 & 4 x 1.7 GHz Cortex-A53). Kinerja ponsel yang cukup cepat ini akan membuat berbagai game / aplikasi menjadi sangat lancar ketika dibuka dengan ponsel ini. Untuk melengkapi performanya, Huawei memberikan kartu grafis berupa GPU Mali-T830 MP2 untuk menampilkan konten grafis dengan sangat baik. Tak lupa, Huawei juga membenamkan RAM berkapasitas 4 GB untuk mendukung multitasking dengan lebih lancar dan cepat. Meskipun belum ada bocoran mengenai sistem operasi yang digunakan, kemungkinan besar Huawei Mate 10 Lite ini akan menggunakan OS Android 7.1 Nougat atau Android 8.0 Oreo. Dengan memilih sistem operasi terbaru, tentu ponsel ini akan semakin optimal kinerjanya dengan penggunaan baterai yang irit.

Huawei Mate 10 Lite memiliki memori internal yang sangat besar hingga 64 GB. Meskipun sudah sangat besar, namun Huawei tetap memberi pengguna kebebasan untuk menambah kapasitas penyimpanannya dengan microSD hingga mencapai 256 GB. Yang spesial dan paling menarik dari ponsel ini adalah penggunaan dual kamera baik untuk kamera depan maupun belakang. Kamera depan ponsel ini mengusung dual kamera dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP. Sementara untuk kamera belakangnya, ponsel ini mengadopsi dual kamera beresolusi 16 MP dan 2 MP dengan berbagai fitur menarik seperti phase detection autofocus dan LED Flash. Kedua kamera tersebut mampu menghasilkan efek foto bokeh dengan sangat baik serta jernih.

Meskipun ponsel ini memiliki spek hardware yang lumayan tinggi, Huawei tak mau memberikan baterai berkapasitas jumbo pada ponsel ini. Huawei masih mempercayakan baterai berkapasitas 3340 mAh untuk menyokong kebutuhan daya ponsel. Meskipun tak terlalu besar, namun baterai ponsel ini sangat irit karena hardware ponsel sudah sangat baik dalam penggunaan daya.

Selain itu, pemilihan OS Android yang tepat membuat daya baterai mampu bertahan lebih lama. Baterai ponsel ini juga sudah didukung dengan fitur fast charging sehingga pengisian daya ponsel tidak akan membuang waktu yang lama. Dari review Huawei Mate 10 Lite tersebut, kemungkinan ponsel ini akan menjadi pesaing ketat Vivo X20 atau merek lain dengan spek sejenis. Selain spesifikasinya yang tinggi, harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. Harga Huawei Mate 10 Lite kemungkinan akan dipasarkan dengan banderol 5 jutaan rupiah.

Review Huawei Mate 10 Lite Terbaru 2017 | Gadget Albi | 4.5