Review iPhone 8 Plus Terbaru 2017

iPhone 8 Plus merupakan generasi penerus dari iPhone 7 Plus dengan spesifikasi yang lebih gahar. Ponsel ini dirilis ke pasaran pada tanggal 13 September 2017 dengan harga yang sangat tinggi. Meskipun desain ponsel ini tidak semewah iPhone X, namun performa iPhone 8 Plus tak kalah gaharnya. Hal ini dikarenakan chipset yang digunakan iPhone 8 Plus sama dengan iPhone X yakni sama-sama menggunakan chipset Apple A11 Bionic. Tak lupa, Apple memberikan berbagai teknologi dan fitur canggih pada ponselnya ini. Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur yang diberikan? Silakan simak review iPhone 8 Plus terbaru berikut ini.

Review iPhone 8 Plus
Meskipun desain bodi ponsel iPhone 8 Plus tak semewah iPhone X, namun material yang digunakan sama-sama menggunakan bahan metal dan kaca. Tentu hal ini membuat bodi ponsel terlihat lebih premium dan berkilau di bagian belakang. Tujuan diberikannya bahan kaca pada bodi ponsel adalah untuk mendukung wireless charging. Jadi pengguna iPhone 8 Plus bisa mengisi ulang baterai ponsel tanpa harus mencolokkan kabel ke ponsel. Penggunaan material metal yang dilapisi kaca membuat berat ponsel menjadi bengkak mencapai 202 gram. Di sisi depan ponsel, iPhone 8 Plus memiliki layar berukuran 5.5 inci yang sangat berkualitas. Resolusi yang dihasilkan dari layarnya ini mencapai 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar hingga 401 ppi. Tentu saja kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat tajam dan berkualitas. Tipe layar yang digunakan ponsel ini masih sama seperti pendahulunya yakni menggunakan LED-backlit IPS capacitive touchscreen.

Apple melindungi layarnya dengan Ion-strengthened glass dan juga oleophobic coating. Layar ponsel ini sudah memiliki fitur yang mampu membuat kualitas layar menjadi sangat baik seperti display zoom, wide color gamut display, dan juga 3D touch display & home button. Ponsel ini juga mampu dibawa kedalam air sedalam 1 meter dalam jangka waktu 30 menit karena sudah memiliki sertifikat IP67.

iPhone 8 Plus hadir dalam 2 versi memori internal yakni versi memori internal 64 GB dan 256 GB. Tentu kedua versi ini memiliki selisih harga yang cukup banyak karena selisih memori internalnya juga cukup banyak. Apple tak lagi memberikan slot memori eksternal pada ponselnya kali ini agar performa ponsel tetap pada kondisi yang baik dan mencegah terjadinya celah keamanan. Namun tentunya kapasitas memori internal ponsel ini sudah sangat cukup untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi pada ponsel. Selain tak memiliki slot memori eksternal, ponsel ini juga tak mendukung jack 3.5mm sehingga pengguna tak bisa mendengarkan music pada ponsel ini dari headset biasa. Sebagai gantinya, Apple memberikan stereo speaker pada ponsel ini agar pengguna dapat menikmati music dengan kualitas suara yang sangat bagus. Kecepatan internet iPhone 8 Plus juga sangat mengagumkan karena mendukung jaringan 4G LTE Cat16 dengan kecepatan download hingga 1024 Mbps dan upload 150 Mbps. Untuk konektivitas, ponsel ini memiliki berbagai teknologi terbaru seperti NFC dan juga USB 3.0 type-C reversible connector.

Dengan dapur pacu besutan Apple yakni Apple A11 Bionic bertenaga hexa core 64-Bit, ponsel ini mampu menjalankan berbagai tugas dengan performa yang sangat cepat. Dapur pacunya juga memiliki kemampuan menjalankan aplikasi / game AR dengan waktu render yang sangat cepat sehingga tingkat kepuasan pengguna akan meningkat. Apalagi ponsel ini memiliki bekal RAM yang cukup besar yaitu 3 GB, tentunya performa ponsel akan semakin cepat tanpa terganggu adanya lag. Apple memasukkan sistem operasi iOS 11 pada ponselnya kali ini untuk mendongkrak kinerja ponsel dan menambahkan aneka fitur canggih. Dengan baterai berkapasitas 2675 mAh, ponsel ini diklaim mampu bertahan seharian. Ini dikarenakan penggunaan dapur pacu terbaru milik Apple yang sangat ramah baterai. Bahkan Apple mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan hingga 21 jam saat digunakan menelpon pada jaringan 3G dan 60 jam untuk bermain music.

Baterai ponsel ini juga mendukung fitur fast charging dan wireless charging. Kecepatan pengisian baterai ponsel ini diklaim mampu terisi 50% dalam 30 menit saja.
Pada sektor kamera, iPhone 8 Plus memiliki kamera yang sangat berkualitas menyerupai DSLR. Ponsel ini mengadopsi teknologi dual kamera belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP. Lensa pertama merupakan lensa wide angle dengan aperture f/1.8, sementara lensa kedua merupakan lensa tele dengan aperture f/2.4. Kamera belakangnya ini memiliki berbagai fitur canggih seperti quad tone LED Flash, OIS, phase detection autofocus, dan 2x optical zoom. Alhasil kameranya mampu menciptakan foto boleh, portrait, dan light portrait dengan sangat baik menyerupai kamera DSLR. Selain dapat menghasilkan foto yang sangat berkualitas, kamera utama ponsel ini juga mampu menciptakan video beresolusi 4K 2160p pada 24/30/60 fps serta full HD 1080p pada 30/60/120/240fps dengan sangat baik.

Kamera iPhone 8 Plus memiliki Image Signal Processor terbaru yang memungkinkan hasil foto menjadi lebih jernih dan berkualitas tinggi. Sementara itu, kamera depan ponsel memiliki resolusi 7 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depan ponsel ini juga memiliki beberapa fitur seperti face detection, HDR, panorama dan lainnya. Kamera depannya mampu menghasilkan video full HD 1080p@30fps dan juga slow motion 720p@240fps.

Dari review iPhone 8 Plus tersebut, tampaknya ponsel ini hampir tak memiliki kekurangan. Kekurangan ponsel ini tak begitu fatal seperti tak memiliki sensor fingerprint, tidak ada jack 3.5, dan tak memiliki slot microSD. Namun kelebihan iPhone 8 Plus sangat banyak mulai dari layar, dapur pacu, kamera, hingga fitur canggih yang dibawanya. Hal itu tentu sepadan dengan harga iPhone 8 Plus yang sangat mahal mencapai 10 jutaan untuk versi 64 GB dan 12 jutaan untuk versi 256 GB.

Review iPhone 8 Plus Terbaru 2017 | Gadget Albi | 4.5