Review Nokia 2 Terbaru 2017

Nokia kembali merilis smartphone android terbarunya yang diberi nama Nokia 2 untuk menambah deretan ponsel android di tahun 2017. Setelah sebelumnya sukses mengeluarkan produk bernama Nokia 5 & 6 pada segmen middle end, kini Nokia mengeluarkan produk yang menyangsa pasar low end bersama dengan pendahulunya Nokia 3. Spesifikasi Nokia 2 ini memang lebih rendah dibanding dengan Nokia 3, namun harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah sehingga bisa menjadi alternative pecinta gadget untuk membeli ponsel kelas entry level.

Meskipun dibanderol murah, namun spesifikasinya cukup bagus untuk sekelas ponsel low end. Selain itu, baterai yang digunakan ponsel ini juga tergolong besar sehingga bisa bertahan lebih lama ketika digunakan. Seperti apa fitur dan spesifikasi dari ponsel ini? Simak review Nokia 2 terbaru berikut ini.

Review Nokia 2
Harganya yang murah membuat ponsel ini tak memiliki desain bodi yang premium. Alhasil, plastik menjadi bahan utama pada bodi ponsel. Layar ponsel ini juga memiliki spesifikasi yang standar dengan menggunakan tipe layar IPS capacitive touchscreen. Bentang layar 4.7 inci yang dipakai Nokia 2 membuat ponsel ini terasa nyaman ketika digunakan dengan 1 tangan. Resolusi layar yang dihasilkan juga cukup tinggi mencapai 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel 312 ppi. Sayangnya, Nokia tak memberikan perlindungan pada layarnya sehingga anda harus memasang screen guard sendiri untuk melindungi layar ponsel dari goresan. Layar ponsel ini juga belum mendukung fitur 2.5D curved glass screen sehingga layar tampak begitu datar.

Walaupun ponsel ini tak memiliki dapur pacu yang gahar, namun penggunaan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 pada ponsel ini mampu untuk menjalankan berbagai game android dengan lancar. Dengan menggunakan prosesor Quad core 1.1 GHz Cortex-A53, Nokia 2 siap menemani pengguna dalam menjalankan berbagai aktifitas pada ponsel.

Performa grafis juga cukup lumayan karena menggunakan GPU Adreno 304 yang dibenamkan kedalam ponsel. Nokia memberikan RAM berukuran 1 GB pada ponsel ini untuk menampung beberapa aplikasi yang dibuka bersamaan. Namun pengguna harus pintar-pintar dalam melakukan multitasking karena RAM 1 GB tak akan mampu menampung banyak aplikasi sekaligus. Untungnya, Nokia sudah mengadaptasi perkembangan teknologi dengan memasang OS Android 7.1 Nougat pada ponsel ini sehingga performa ponsel akan tetap terjaga.

Menyangsa pasar entry level membuat Nokia 2 memiliki ruang penyimpanan yang biasa saja yaitu dengan memori internal 8 GB. Untungnya pihak Nokia berbaik hati dengan menambahkan slot microSD yang mampu menampung kartu memori eksternal hingga 128 GB. Harganya yang murah membuat ponsel ini tak memiliki sensor fingerprint. Nokia menutupi kekurangannya dengan memberinya fitur 4G LTE pada jaringannya. Selain itu, fitur-fitur lain ponsel ini juga masih standar seperti dual SIM, Wi-Fi, Bluetooth, dan microUSB 2.0. Di bagian kamera, ponsel ini memiliki kamera yang cukup baik karena mengadopsi kamera belakang 8 MP. Kamera belakangnya memiliki beberapa fitur seperti autofocus, LED Flash, dan fitur-fitur lain. Video yang mampu dibuat dengan menggunakan ponsel ini mencapai kualitas HD 720p. Sedangkan untuk kamera depan, Nokia 2 menggunakan kamera beresolusi 5 MP.

Salah satu keunggulan ponsel ini yang sangat ditonjolkan adalah kapasitas baterainya yang tak main-main. Nokia membenamkan baterai berkapasitas 4000 mAh pada ponsel ini. Baterai ini mampu bertahan sangat lama ketika digunakan sehingga pengguna tak perlu mengisi ulang daya baterai setiap hari. Dari review Nokia 2 tersebut, tentu kita mengira bahwa ponsel ini akan berharga dibawah 1.5 juta rupiah. Pihak HMD Global yang memegang merek Nokia belum mengumumkan secara resmi berapa harga Nokia 2.

Namun diperkirakan harganya sekitar 1.5 jutaan jika melihat harga dari Nokia 3 yang mencapai 1.899.000 rupiah dengan spesifikasi yang tak tartaut jauh. Memang dari segi harga tentu ponsel ini termasuk cukup tinggi karena spesifikasinya tergolong standard an masih kalah dengan merek Xiaomi yang rata-rata sudah memiliki spek lebih tinggi dengan harga yang sama. Namun ponsel ini tetap bisa menjadi pilihan ponsel low end bagi penggemar merek Nokia.

Review Nokia 2 Terbaru 2017 | Gadget Albi | 4.5