2 Cara Memperbaiki Headset Rusak atau Tidak Keluar Suara

Headset merupakan salah satu aksesoris handphone yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita menonton film menggunakan handphone, nonton youtube, streamingan pasti kita membutuhkan headset agar lebih fokus mendengar suara dengan sangat jelas. Atau pada saat sedang melakukan perjalanan menggunakan kereta api, misalnya ketika Anda hendak tidur dan sembari mendengarkan musik tanpa mengganggu penumpang yang lain, Anda bisa memakai headset.

2 Cara Memperbaiki Headset Rusak atau Tidak Keluar Suara

Kebanyakan orang pasti merasa kesal kalau headset yang biasa digunakan tiba tiba rusak tidak mengeluarkan suara, hanya sebelah yang berfungsi, suara kemrusuk tidak jernih atau bahkan sudah tidak berfungsi semestinya. Jika kalian pernah mengalami kejadian seperti itu jangan buru-buru membuang headset dan membeli yang baru, cobalah untuk memperbaikinya sendiri menggunakan alat yang mudah dicari. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Pertanyaan yang sangat wajar. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing dengan Anda mengenai cara memperbaiki headset sendiri di rumah. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Cek kabel headset

Penyebab kerusakaan headset biasanya terletak pada bagian kabel, bisa kabel menekuk atau bahkan sampai konslet pada colokan stereo maupun pada bagian speaker. Untuk itu hal yang harus dilakukan temukan dulu bagian kabel yang rusak kemudian perbaiki kabelnya.

Berikut cara menemukan kabel headset yang rusak dan cara memperbaikinya:

  • Pakailah headset anda yang rusak kemudian dengarkan lagu pada handphone anda sambil menekuk atau memutar kabel. Jika terdengar suara gemuruh patah-patah maka anda sudah menemukan kerusakannya. Kemudian bagian yang rusak Anda kupas kulit kabelnya menggunakan gunting atau cutter sampai menemukan bagian kabel yang rusak tadi.
  • Memotong kabel menjadi dua bagian yang berukuran sama pada sisinya.
  • Kemudian masukan kabel kecil berwarna hitam lalu kencangkan. Setelah itu sambungkan kawat sesuai dengan warna isolator jangan lupa panjangnya juga harus sama.
  • Setelah disambungkan langkah terakhir adalah menututup kabel dengan isolasi, supaya lebih kuat disarankan disolder terlebih dahulu setelah itu baru dibungkus dengan isolasi.

Cek colokan stereo

  • Kerusakan headset juga bisa terjadi karena kerusakan colokan stereo. Maka sebelum mengganti dengan yang baru sebaiknya cek bagian colokan stereo. Jika dirasa memang benar-benar rusak berarti Anda harus mempersiapkan colokan stereo yang baru. Untuk mengganti colokan yang lama, maka disarankan besar dan ukuran harus sama. Jika sudah diukur kemudian potonglah kabel colokan kurang lebih 2 sampai 3 cm, setelah terpotong kupas kabel menggunakan gunting atau cutter. Setelah kulit kabel terkupas, pegas dan selang kecil hitam dimasukan ke dalam kabel. Pada pangkal colokan umumnya terdapat dua pin yang disebut stereo, kalau hanya ada satu maka disebut mono.
  • Tahapan selanjutnya yaitu memisahkan kawat pada kabel untuk dihubungkan, kawat yang memiliki logam telanjang maka dihubungkan ke terminal utama namun jika kabel tidak telanjang bisa langsung disambungkan ke isolator garis. Dua kabel sisanya dihubungkan ke dua pin yang bentuknya menyerupai cincin. Namun jangan sampai Anda salah memasangnya karena akan berpengaruh pada suara telinga kanan dan kiri.
  • Setelah kawat terhubung kemudian jepitlah ke pin. Kawat harus dijepit agar tidak bersentuhan antara kawat yang satu dengan kawat yang lain. Siapkan amplas untuk mengamplas bagian ujung kawat sebelum disolder, kemudian solder pin hingga panas agar timah meleleh.
  • Tahapan terakhir pasang tutup steker lalu dicoba headsetnya. Jika normal berarti langkah Anda sudah benar.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara memperbaiki headset sendiri dengan mudah, semoga bermanfaat untuk Anda.

2 Cara Memperbaiki Headset Rusak atau Tidak Keluar Suara | Albi | 4.5