3 Langkah Cara Mengatasi Handphone Bootloop

Handphone merupakan alat telekomunikasi jarak jauh yang kini sangat populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya anak usia remaja saja yang memiliki handphone tetapi anak kecil sampai dengan orang tua sekarang sudah banyak yang memiliki. Banyak sekali handphone yang rilis dengan spesifikasi yang beda-beda dan tentunya sangat menarik perhatian. Selain spesifikasi yang berbeda, harga dan kualitas terkadang setiap handphone juga berbeda. Perlu Anda ketahui, sebagus-bagusnya handphone yang Anda miliki terkadang juga akan rusak entah kenapa. Bisa saja eror pada sistem, pecah, dan lain sebagainya. Semua barang elektronik tentu memiliki masalah sendiri-sendiri. Contohnya saja, sekarang banyak handphone yang bermasalah karena bootlop. Bootlop adalah masalah yang mengancam kerusakan handphone yang biasanya ketika habis mati lalu dinyalakan lagi hanya keluar logo handphone saja. Mungkin dari kalian ada yang pernah mengalami masalah ini. Apa yang Anda perbuat? Membeli handphone baru atau berusaha memperbaiki sebisa Anda?

Kebanyakan orang jika handphone mengalami kerusakan akan dibawa ke counter yang ahli dengan handphone Anda tetapi ada juga orang yang menggantinya dengan handphone baru karena mereka merasa sia-sia jika biaya perbaikan handphone sangat mahal, mereka lebih memilih membeli lagi dibandingkan mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan handphone. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai cara memperbaiki handphone bootloop. Perlu Anda ketahui bahwa bootlop dibagi menjadi dua yaitu bootloop ringan (light bootloop) dan juga bootloop parah (hard bootloop). Keduanya tentu memiliki cara perbaikan yang berbeda. Kita langsung mulai saja bagaimana cara memperbaiki bootloop ringan dan bootlopp parah. Kita mulai dulu cara memperbaiki bootloop ringan.

Cara Mengatasi Handphone Bootloop

  • Langkah pertama yaitu lepas kartu memory, sim card dan baterai lalu tunggu sampai beberapa menit kemudian pasang lagi semuanya.
  • Jika sim card, memory dan baterai sudah terpasang cobalah nyalakan kembali, jika handphone berhasil nyala berarti handphone Anda sudah bisa digunakan seperti semula.
  • Tetapi jika tetap tidak bisa menyala kemungkinan besar hanpdhone Anda memiliki masalah bootloop parah.

Lalu bagaimana cara memperbaiki bootloop parah? Simak ulasan berikut ini.

  • Cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan wipe cache. Kebanyakaan handphone bootloop dikarenakan besarnya sampah atau cache yang belum sempat Anda bersihkan yang membuat handphone Anda menjadi susah digunakan atau bahkan sistem tidak berfungsi semestinya.
  • Cara melakukan wipe cache yaitu dengan menekan tombol power + tombol volume down secara bersamaan yang nanti akan muncul banyak tulisan seperti gambar berikut.
  • Kemudian Anda pilih wipe cache partition dengan menggunakan tombol power.
  • Lalu nanti akan muncul tulisan kembali, Anda pilih tulisan yes nanti handphone Anda akan restart denagn sendirinya. Tapi jika cara ini belum berhasil untuk mengatasi bootloop, langkah selanjutnya yaitu dengan cara wipe data atau factory reset.
  • Wipe data atau factory reset dilakukan hampir sama dengan wipe cache partition hanya saja nanti Anda harus memilih wipe data atau factory reset seperti gambar berikut.
  • Kemudian nanti juga akan terdapat tulisan atau pesan konfirmasi dan Anda harus memilih yes.
  • Nanti handphone Anda akan restart sendiri dan kebanyakan orang berhasil memperbaiki handphone bootloop setelah sampai pada tahap ini.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara mengatasi handphone bootloop, semoga bermanfaat untuk Anda dan saya mengucapkan banyak terimakasih karena Anda telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini.

3 Langkah Cara Mengatasi Handphone Bootloop | Albi | 4.5