4 Langkah Mudah dan Cara Memperbaiki Charger Laptop benar

Apabila charger anda rusak pastinya anda akan kesal, apalagi kalau kita pikir harga charger laptopkan mahal. Apabila kamu pernah membeli charger laptop dengan harga di bawah 150 itu adalah charger laptop yang memiliki kualitas buruk. Kenapa saya bilang itu murah? Padahal jika kita ukur tegangan  charger laptop yang murah itu sama persis, namun ada parameter yang tidak bisa di ukur dengan alat ukur yakni kemurnian arus Dcnya. Kebanyakan dari charger laptop dengan harga yang murah ini memiliki rangkaian regulator tegangan yang masih asal asalan. Apabila laptop di beri beban maka tegangan DC tidak stabil atau akan menghasilkan arus DC yang bergelombang atau kita bisa menyebutnya dengan tegangan ripple. Mungkin banyak dari kalian yang tidak mengetahui, untuk melihat tegangan ripple kita hanya membutuhkan alat OSCILOSCOPE tegangan yang tidak stabil akan membuat laptop anda cepat rusak.

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Dan apakah charger dengan harga yang mahan bisa menjamin kualitas ? belum tentu, pastinya ada charger dengan harga yang mahal memiliki kualitas yang buruk. Jadi kita harus gimana jika charger laptopnya rusak? Apakah harus membeli yang murah atau yang mahal? Sebaiknya anda tidak usah membeli charger yang baru, lebih baik charer laptop anda yang rusak di perbaiki sendiri pastiya akan lebih aman bukan?

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Kerusakan pada charger laptop ini tergolong cukup sedikit, ada jenis kerusakan yang terjadi pada charger laptop yaitu :

  1. Kabel pada charger laptop putus
  2. Tidak bisa mengisi tetapi lampu indikatornya menyala
  3. Chargernya tidak bisa digunakan sama sekali

Dari masalah di atas untuk masalah nomer satu dan dua itu hampir sama, mungkin kita tidak tahu kenapa, dan pasti ada kabel yang putus sehingga tidak bisa mengisi daya baterai. Kebanyakan dari charger yang rusak itu pasti karena kabelnya, kesalahan menggulung kabel sehingga membuat charger anda rusak atau bisa kabelnya patah atau bisa karena kabelnya terkena benda lain.

Apabila charger anda mati total di sebabkan karena adanya konslet di dalam charger, biasanya dioda hort, mosfer yang mati, fuse putus dan masih banyak lagi.

Cara memperbaiki charger yang rusak :

Siapkan alat dan bahan seperti obeng, bingkai bekas simcard smartphone, lem tembak, minyak kayu putih jika tidak ada anda bisa menggunakan bensin. Potong bagian kabel yang patah atau kabel yang bermasalah

  • Buka bagian baut kepala charger dengan menggunakan obeng
  • Berikan minyak kayu putih di bagian sela sela charger fungsinya untuk menghilangkan lem yang ada pada sambungan charger, setelah itu charger di ketok ketok ke meja atau ke lantai, lalu congkel menggunakan bingkai bekas simcard smartphone, lakukan hal itu secara perlahan agar chargernya tidak rusak.
  • Apabila casing sudah terbuka, kemudian belah karet di bagian pangkal charger, lalu lepaskan, dan kupas ujung kabel, lalu sambungkan keduanya. Apabila anda mempunyai timah atau solder akan lebih cepat, cukup di solderi setelah itu selesai, dan hasilnya menjadi lebih rapi, kemudian pasang kembali karet yang tadi, lalu pasang casing charger, jika anda menggunakan lem tembak, kemudian lem bagian pangkal charger di bagian karet yang tadi, supaya lebih kuat lagi.
  • Coba hubungkan charger ke leptop anda

Sekian artikel tentang cara memperbaiki charger laptop semoga bermanfaat untuk anda, selamat mencoba, semoga berhasil.

4 Langkah Mudah dan Cara Memperbaiki Charger Laptop benar | Albi | 4.5