5 Cara Memperbaiki Bendik Stater Mobil

CStarter merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah alat transportasi termasuk mobil. Bayangkan saja apabila sebuah mobil tidak memiliki starter pastinya sangat merepotkan bukan? Setiap ingin pergi harus menyiapkan banyak orang untuk mendorong mobil agar bisa jalan. Untuk itu, starter sangatlah penting adanya. Namun kita terkadang kurang perhatian terhadap berbagai masalah yang terjadi pada bagian starter ini, bukan?.

Sebelum lanjut ke bagian inti pembahasan, kita mengenal lebih dulu komponen komponen yang ada dan memiliki pengaruh pada starter mobil adalah sebagai berikut:

  • Dinamo mobil beserta dengan motor starternya.
  • Kunci kontak atau ignition switch.
  • Accu mobil.
  • Komponen lain seperti kabel-kabel dan relay.
  • Fly wheel/roda gendeng.

Cara Memperbaiki Bendik Stater Mobil

Untuk mobil klasik, mungkin akan sering mengalami bunyi-bunyi yang kurang nyaman yang berpusat pada starter atau dinamo mobil. Bunyi yang kurang nyaman ini seringkali membuat kita malas dan pastinya ingin segera membeli mobil yang baru. Namun, tidak harus sependek itu. Suara suara yang kurang nyaman pada mobil klasik bisa dihilangkan. Sebelum diperbaiki pastikan dulu bagian mana yang rudak dan apa penyebabnya. Berikut ada beberapa uraian penyebab bunyi-bunyi tidak nyaman starter mobil lengkap beserta dengan cara memperbaikinya.

  • Kemungkinan yang pertama yaitu tidak adanya arus listrik yang dapat masuk ke motor starter pada dinamo starter. Cara penyelesaiannya yaitu dengan cara kontrol kabel listrik yang berpusat ke motor starter. Apabila sudah menggunakan relay, ada kemungkinan tidak adanya arus listrik yang dapat masuk ke relay. Penyebab lain juga bisa karena soket relay yang kendur atau kotor.

Copotlah soket relay dan bersihkan dari debu yang menempel atau kotoran lain kemudian pasang seperti semula. Untuk tahap finishing, pastikan pula sekring yang terpasang pada bagian relay sudah sewajarnya.

  • Kemungkinan yang kedua yaitu gigi bendik pada dinamo starter belum seluruhnya dapat masuk kembali ke bagian rumahnya. Solusinya adalah dengan kita pukul-pukul atau bisa juga kita ketok-ketok sebentar pada bagian dinamo starter menggunakai benda yang keras namun non besi seperti kayu. Lalu di start kembali atau bisa juga dengan cara kita masukkan lagi gigi transmisi ke gigi satu lalu kita goyang-goyangkan mobil dan sedikit mendorongnya supaya gigi bendik pada dinamo starter kembali dengan posisi yang normal. Apabila masalah ini masih terus berlanjut, cek dinamo starter dan lepas dinamo starter beserta bendik dari tempatnya. Cek apakah sudah aus ataupun masih normal. Apabila masih dengan keadaan yang normal, kita cukup memberinya stempet saja lalu pasang kembali seperti semula.
  • Kemungkinan berikutnya adalah karena ‘cool brush’ pada bagian dinamo starter sudah aus dan perlu diganti atau bisa juga karena angker dinamo starter yang sudah aus. Sebelumnya cek dulu apakah arus pada aki melemah atau tidak. Kita juga sangat perlu mengontrol dinamo ampere apakah pengisiannya normal atau tidak.
  • Kemungkinan yang terjadi berikutnya adalah karena gigi bendik pada dinamo starter sudah aus dan dinamo harus digulung ulang tau perlu diganti dengan yang baru.
  • Kemungkinan yang kelima biasanya memang karena pada bagian gigi bendik jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan gigi bendik pada mobil yang lain. Namun, apabila bunyian tersebut disertai dengan bunyi lain dan terdengar lebih keras maka kita perlu waspada bahwa gigi bendik tersebut sudah mulai aus. Kemungkinan juga pada bagian gigi fly wheel sudah runcing. Untuk gigi bendik yang aus, solusinya adalah segeralah ganti dengan yang baru. Namun untuk gigi fly wheel yang sudah aus maka solusinya cukup memposisikannya dengan terbalik. Akan tetapi untuk catatan penting, sebelumnya harus kita bawa dulu ke tukang bubut agar gigi pada fly wheel bisa dirapikan seperti pada umumnya.
5 Cara Memperbaiki Bendik Stater Mobil | Albi | 4.5