5 Langkah Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Mesin cuci adalah alat yang digunakan untuk mencuci pakaian, banyak orang yang menggunakan mesin cuci ini karena mungkin sibuk dengan pekerjaan atau mungkin sibuk mengurus anak. Jadi, untuk menghemat tenaga Anda yaitu dengan cara memakai mesin cuci untuk mencuci pakaian. Kelebihan yang dimiliki mesin cuci selain menghemat tenaga manusia yaitu mesin cuci dilengkapi mesin pengering dan Anda sudah tidak perlu memeras lagi. Enak bukan? Anda hanya perlu mengeluarkan energi saat menjemur pakaian yang sudah di cuci dan sudah dikeringkan. Mesin pengering bukan berarti kita perlu lagi menjemur tetapi mesin pengering ini berguna untuk membuat zat air yang ada di dalam pakaian. Walaupun sudah di masukkan ke dalam mesin pengering tetapi pakaian juga tetap membutuhkan terik matahari untuk menghangatkan dan sekaligus mengeringkan sampai pakaian benar-benar kering.

Semua jenis mesin rentan terhadap kerusakan, khususnya mesin cuci. Jika Anda tidak bisa mengikuti aturan cara memakai mesin cuci mungkin akan cepat rusak. Masalah terbanyak yang mengancam rusaknya mesin cuci yaitu kelebihan muatan sehingga tidak bisa berputar semestinya atau bisa juga terdapat masalah di dalam mesin. Selain itu juga mungkin ada kotoran yang mengganjal di sela-sela sehingga menimbulkan gesekan akhirnya mesin menjadi rusak dan tidak berfungsi seperti biasanya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apakah harus membeli yang baru? Membeli mesin cuci yang baru bukan suatu hal yang mudah, memerlukan biaya yang cukup mahal. Jika Anda bisa memperbaiki sendiri, kenapa tidak?

Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Oke, langsung saja pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang rusak. Mungkin membutuhkan orang yang ahli dalam memperbaiki mesin cuci, tetapi di sisi lain Anda juga bisa memperbaiki sendiri dengan melihat prosedur cara memperbaiki mesin cuci seperti yang akan saya bahas kali ini. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar.

  • Langkah pertama yaitu memeriksa tali karet mesin cuci dengan cara menyalakan mesin cuci, jika putaran motor terlihat normal namun putaran gearbox terlihat tidak stabil berarti bisa dipastikan kalau tali karet atau vbelt mesinn cuci longgar.
  • Di dalam mesin terdapat 3 baut yang berukuran 10/12 kemudian Anda tarik badan motor agar menjauh dari gearbox kemudian Anda kencangkan ketiga baut tersebut dengan tujuan badan motor tidak kembali ke tempat semula (sebelum baut dikencangkan).
  • Lalu kita coba nyalakan mesin cuci jika putaran gearbox sudah berputar normal berarti tali karet sudah dipastikan tidak kendor lagi.
  • Tetapi jika posisi badan motor sudah diubah tetapi tali karet tetap longgar maka tali karet mesin cuci harus diganti dengan yang baru sesuai dengan ukuran.
  • Jika Anda sudah membeli tali karet yang baru maka langkah selanjutnya yaitu lakukan perubahan motor dengan cara mengganti letak ketiga baut.

Itulah cara memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar, tetapi jika langkah tersebut belum bisa memperbaiki mesin cuci agar bekerja semestinya maka Anda harus mencoba membawa ke orang yang ahli memperbaiki mesin cuci. Tetapi jika dirasa biaya yang dikeluarkan cukup mahal, saran saya agar membeli yang baru saja.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang tida bisa berputar, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan saya mengucapkan banyak terimakasih karena Anda telah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel sederhana ini.

5 Langkah Cara Memperbaiki Mesin Cuci | Albi | 4.5