5 Langkah Untuk Cara Memperbaiki Lampu Led

Lampu led merupakan alat penerang ruangan Anda yang usia pakai lebih lama dibandingkan lampu pijar. Selain usia pakai yang lama, lampu led juga sangat hemat energi, tidak membuat panas, dan tidak mengandung merkuri. Sehingga dengan demikian aman untuk keluarga Anda. Kekurangan yang dimiliki lampu led yaitu sensitive terhadap suhu tinggi seperti di daerah pantai maupun tempat gersang lainnya. Sementara jika lampu terpasang di rumahan, awet tidaknya lampu led tersebut tetap tergantung pada tingkat aliran listrik yang masuk melewati circuit breaker. Led merupakan jenis pencahayaan solid statet yang menggunakan semi konduktor untuk mengubah listrik menjadi cahaya. Led yang memiliki kualitas bagus akan bertahan lebih dari 25 ribu jam atau setara dengan 3 tahun lebih.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki lampu led tentu ada saja kekurangan dari suatu benda dalam rumah Anda khususnya lampu led. Semua benda tentu akan mengalami kerusakan jika Anda tidak pandai merawatnya. Jika harus membeli yang baru tentu Anda harus mengeluarkan biaya bukan? Tidak seberapa namun jika lampu led tersebut bisa diperbaiki sendiri dan bisa menghemat uang Anda, kenapa tidak? Pada kesempatan kali ini saya telah menyiapkan artikel mengenai cara memperbaiki lampu led sendiri tanpa biaya apapun. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Lampu Led

Perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk memperbaiki lampu led :

  1. Timah
  2. Solder
  3. Kabel Kecil ukuran kurang lebih 2cm
  4. Pisau kecil atau obeng
  5. Multi-tester (jika punya)

Jika semua perlengkapan sudah tersedia, langkah selanjutnya yaitu :

  • Bongkar bagian lampu led

Bongkar lampu bohlam led di antar badan dan kepala lampu menggunakan pisau kecil atau obeng.

  • Cek bagian dalam lampu

Setelah lampu berhasil terbuka dan terlihat ada lampu-lampu LED kecil didalamnya. Lalu  cek dan perhatikan lampu-lampu LED kecil tersebut. Biasanya jika ada yang mati atau konslet maka terlihat ada titik kecil ditengahnya. Jika tak terlihat, cek dengan menggunakan multitester pada setiap kaki masing-masing LEDnya.

  • Solder by pass dengan kabel di kedua terminal kaki LED yang mati

Untuk memperbaiki lampu led, Anda harus menyolder dengan cara by pass atau jumper led yang sudah mati tadi menggunakan kabel kecil. Caranya dengan memotong sebuah kabel lalu solder dengan cara menyambungkan kedua kaki led yang sudah mati itu. Sambil kedua ujung kabel tersebut antara kutub positif dan kutub negatif dengan timah. Cara ini bertujuan untuk menyambungkan arus yang terputus, pada dasarnya lampu led ini hanya skema led seri yang artinya jika salah satu lampu led mati maka lampu led lainnya akan ikut mati karena arus listriknya terputus.

  • Test kembali lampu LED Anda

Setelah berhasil disambungkan, langkah selanjutnya yaitu pengecekan apakah lampu led berhasil menyala? Mungkin berhasil nyala, namun bisa jadi nyalanya led tersebut tidak semuanya menyala dengan sempurna. Dalam gambar terlihat ada satu lagi lampu LED yang tidak menyala, itu artinya bahwa lampu LED tersebut berada di satu jalur dengan lampu LED yang putus tadu, jadi lampu LED itu juga akan tetap mati.

  • Tutup kembali body lampu bohlam LED-nya

Langkah terakhir yaitu dengan memasang body lampu led seperti semua. Akhirnya, lampu led kembali bisa menyala dan berfungsi seperti sediakala.

Demikian cara mengatasi lampu led yang mati atau rusak. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya mengucapkan banyak terimakasih untuk Anda karena telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel sederhana ini.

5 Langkah Untuk Cara Memperbaiki Lampu Led | Albi | 4.5