6 Langkah dan Cara Memperbaiki CDI Motor

Salah satu alat yang paling penting pada kendaraan motor yakni CDI. CDI ini memiliki fungsi yaitu untuk memutuskan listrik dengan cepat. Alat utama pda CDI yaitu SCR, SCR ini.

Tanda terjadi kerusakan pada CDI yaitu motor akan sulit untuk di hidupkan, jika anda berpikir pastinya masalahnya terjadi di bagian busi atau di bagian karburator, namun setelah motor di cek atau di servis di bagian karburator ternyata belum terdapat tanda tanda kondisi motor yang baik, sehingga motor susah di hidupkan.

Cara Memperbaiki CDI Motor

Untuk memudahkan cara memperbaiki CDI motor yang mati yakni ditandai pada bagian businya tidak mengeluarkan percikan api ketika motor di hidupkan. Cara untuk mengecek apakah CDI rusak atau baik dengan cara menempelkan ujung busi ke bagian bodi motor kemudian motor di engkel dengan kick starter, apabila tidak terdapat percikan api, tetapi kondisi busi baik maka terjadi kerusakan pada bagian CDI.

Adapun cara mengecek CDI yang rusak atau mati, anda hrus menyiapkan peralatan seperti multimeter dan obeng, berikut adalah langkah langkah untuk memperbaiki CDI, hubungkan kabel yang berwarna hitam ke multimeter pada bagian bodi motor, lalu hubungkan kabel yang berwarna merah ke multimeter ke kabel CDI yang arahnya menuju coil, kemudian putar kick starter pada motor dan lihat jarum pada voltmeter, jika kondisi CDI baik makan jarum pada voltmeter akan menunjuk ke angka 200 volt, apabila CDI sudah tidak dalam kondisi yang baik maka jarum voltmeter akan bergerak dengan bebas, atau tegangan pada voltmeter akan rendah.

Adapun langkah langkah lain untuk memperbaiki CDI yang rusak yaitu :

  • Pastikan volmeter dapat mengukur tegangan kerja hingga di atas 300 volt
  • Kemudian hubungkan kabel yang berwarna merah ke bagian koil
  • Hubungkan kabel yang berwarna hitam ke bagian massa
  • Atau anda bisa menghubungkan kabel yang berwarna hitam ke bodi motor
  • Hidupkan kembali motor
  • Apabila motor sudah di nyalakan dan CDI tidak bergerak maka CDI mengalami kerusakan

Adapun langkah langkah untuk memperbaiki CDI yang mati yaitu :

  1. Jika CDI motor sudah mati, maka anda harus bisa memperbaiki, untuk memperbaiki CDI sepeda motor yang mati harus butuh keahlian di bidang elektronika, hal itu di sebabkan karena komponen yang ada di dalam CDI terdiri atas penguat pulsa atau amplifier, koil, saklar tyristor, kapasitor dan generator pulsa, anda juga bisa membongkar bagian CDI motor dan mengecek komponen yang ada di dalamnya satu per satu, jika anda sudah menemukan komponen yang rusak, maka hal yang harus anda lakukan adalah mengganti komponen dengan yang baru
  2. Bagaimana jika anda tidak ahli dalam bidang elektronika? Untuk mengganti kekurangannya, maka anda harus mengganti dengan yang baru. Harga CDI ini tidak begitu mahal hanya mencapai kisaran Rp 100 sampai 200.

Jika anda tidak memiliki CDI anda bisa menggantinya dengan cara copot kabel CDI ke koil, kemudian tempelkan ke bagian bodi motor, lalu nyalakan motr, dan jika motor sudah di nyalakan tetapi tidak ada percikan api maka kemungkinan CDI anda msih dalam keadaan yang rusak.

Sekian cara memperbaiki CDI sepeda motor yang rusak, semoga cara yang saya berikan bisa anda aplikasikan dan bermanfaat untuk anda, selamat untuk mencoba.

6 Langkah dan Cara Memperbaiki CDI Motor | Albi | 4.5