Cara Memperbaiki Aki Kering


Aki adalah sebuah elemen sekunder dan merupakan sumber energi arus listrik searah yang bisa mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Seperti yang Anda ketahui bahwa aki ini biasa digunakan pada motor maupun mobil dan kendaran mesin lainnya. Aki memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu aki basah yang sangat populer di kalangan masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa aki basah ini memiliki sifat korosif yang bisa langsung meledak dan terbakar saat terkena percikan api. Anda yang memiliki aki basah ini dianjurkan agar sesering mungkin mengecek ketinggian level air aki secara berkala. Manfaat aki selain menjadi tenaga listrik bagi kendaraan yaitu untuk menyimpan daya listrik hasil reaksi kimia.

Aki basah rentan terhadap kerusakan, terutama jika sudah menjadi elemen sekunder pada kendaraan. Jika Anda tidak rajin memeriksa tentu aki akan mudah rusak atau kering bahkan sampai mati total. Umumnya kebanyakan orang mengeluarkan uang untuk memperbaiki aki ke bengkel. Tetapi saya sudah menyiapkan tips untuk Anda yang ingin memperbaiki aki dengan sendiri. Tetapi demikian Anda tentu harus berhati-hati karena air aki sangat berbahaya jika terkenal kulit Anda. Bagaimana cara mengatasi aki yang rusak? Simak ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering Soak (Lemah)

  • Langkah pertama persiapkan pisau cutter dan obeng min (-), kemudian buka penutup aki yang biasa terletak di bagian atas aki seperti pada gambar berikut.
  • Setelah penutup aki berhasil  terbuka, di dalamnya terdapat 6 cell (jika aki bertegangan 12 volt) kemudian buka karet penutupnya seperti gambar berikut ini.
  • Setelah karet penutup telah terbuka, akan terdapat 6 cell yang berguna untuk mengisi air atau zuur. Anda bisa mengisi air aki menggunakan sedotan atau suntikan secukupnya.
  • Pengisian air aki telah selesai. Setelah itu tutup kembali karet penutup pada 6 cell tersebut dan juga tutup kembali penutup aki. Jika sudah, charger aki menggunakan charger yang sudah disediakan sekitar kurang lebih 30 menit.

Cara Memperbaiki Aki Kering Kondisi Mati Total

  • Langkah pertama, sebelum memperbaiki aki sebaiknya membersihkan aki dengan menggunakan kain lap.
  • Langkah kedua, potong bagian atas aki menggunakan gergaji besi yang kecil seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah terbuka kemudian bersihkan bagian cell aki menggunakan air panas agar bersih dari kotoran dan bekas gergaji.
  • Jika sudah bersih, langkah selanjutnya yaitu mengukur satu per satu sel yang ada menggunakan multimeter dan Anda pastikan setiap cell mempunyai tegangan 2 volt atau mendekati angka tersebut. Jika salah satu dari cell tersbeut tidak terdapat tegangan berarti cell tersebut mati total dan harus di modifikasi.
  • Apabila salah satu cell sudah mati atau tidak menghasilkan tegangan. Maka ambil solder dan timah kemudian Anda sambungkan kabel tembaga secukupnya antara cell satu dengan cell lainnya yang berdekatan dengan cell yang mati.
  • Setelah berhasil di sambungkan, Anda ukur kembali tegangan yang seharusnya mencapai 10 volt lebih. Jika sudah berhasil sampai 10 volt lebih, Anda bisa menambahkan obat bodrex tablet yang sudah di tumbuh atau sudah di haluskan kemudian masukkan ke masing-masing cell.
  • Setelah selesai, kemudian Anda isi air aki secukupnya dengan menggunakan suntikan atau sedotan.
  • Jika sudah diisi kemudian tutp kembali potongan aki tadi menggunakan lem agar tidak mudah terlepas, bisa juga menggunakan lem silicon.

Demikian tips-tips memperbaiki aki yang kering karena soak dan aki  yang kering karena mati total. Semoga bisa membantu pekerjaan Anda dan semoga berhasil memperbaki aki Anda.

Cara Memperbaiki Aki Kering | Albi | 4.5