Cara Memperbaiki Baterai HP yang Mati Dengan Mudah

Baterai handphone yang mati disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena ada saluran arus yang konslet atau terputus, baterai bocor ataupun melembung. Biasanya orang akan putus asa jika mengalami hal semacam ini. Orang akan langsung membeli baterai yang baru padahal baterai ORI tidak murah harganya. Apabila kita mengalami hal tersebut, harus diketahui dulu apanya yang rusak dan apakah masih bisa diperbaiki.

Nah, berikut cara mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor:

  1. Smartphone terasa panas pada bagian baterai tepatnya didaerah belakang.
  2. Kondisi fisik dari baterai telah menggelembung namun bila anda menggunakan baterai yang tidak bisa dicabut (non removeable) maka ada cara lain untuk memeriksanya.
  3. Saat mengecas baterai, apakah indikatornya masih menunjukan tanda baterainya masih bisa keluar dan masuk atau juga terkadang bisa terisi baterainya terkadang tidak masuk sama sekali. Hal ini artinya baterai sudah tidak stabil.
  4. Indikator status baterai terkadang naik turun persentasenya dan ketika untuk bermain game sering mati atau reboot.
  5. Baterai akan cepat habis meski baru selesai diisi atau dilakukan pengecasan.

Daripada membeli baterai yang baru sedangkan masih ada cara lain untuk memperbaikinya serta biaya yang lebih terjangkau, sebaiknya anda coba dulu untuk memperbaikinya sendiri meski membutuhkan waktu yang agak lama. Berikut cara caranya:

  1. Lepaskan baterai pada handphone anda.
  • Bungkus baterai handphone anda dengan plastik dan bungkus dengan sangat rapat, kalau perlu anda buat berlapis lapis plastiknya.

Setelah yakin bahwa baterai handphone anda terbungkus dengan sangat rapat. Letakkan baterai yang telah terbungkus tadi di lemari es.

  • Diamkan baterai tersebut sekitar 5 sampai 6 jam.
  • Setelah cukup lama, ambil baterai dan lepaskan plastik yang menutupinya.
  • Taruh ditempat yang kering dan diamkan selama 2 jam.
  • Setelah itu, masukkan baterai ke ponsel anda kembali.
  • Langkah terakhir, yaitu charge handphone anda selama 4 sampai 6 jam.
  • Setelah itu, cabutlah charge handphone dan rasakan sendiri kalau baterai handphone anda seperti baru lagi. 

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk kita coba dirumah saat kita mengalami kendala pada baterai handphone kita. Maka dari itu kita harus melakukan pencegahan secara dini yaitu rutin mengecek kondisi baterai handphone kita. Lalu seberapa pentingkah kita mengecek baterai handphoneitu? Apakah rusak atau tidak?.

Baterai adalah tempat untuk menampung daya yaitu sumber listrik yang dapat diakses oleh komponen terminal, socket, port hingga komponen lain yang terletak di dalam inti handphone atau perangkat gadget kita. Jika sumber daya memiliki tegangan yang sudah tidak stabil lagi tentunya akan merusak inti pada processor, mungkin juga memori, I/O dan beragam komponen lainnya karena tidak stabilnya arus yang masuk dan keluar.

Maka dari itu apabila kita tidak ingin handphone kita cepat rusak dan tambah parah biasakan untuk melakukan pengecekan pada baterai dan melakukan kalibrasi pada baterai apabila baterai sudah tidak stabil lagi. Jika sudah rusak parah dan tidak ddapat diperbaiki lagi gantilah dengan yang baru dan ORI, sebab baterai yang bukan pasangan atau tidak asli akan merugikan komponen komponen pada handphone kita. Dalam jangka waktu yang agak lama akan merusak handphone dan fatalnya sampai tidak bisa dipakai lagi dan biaya perbaikannya sangat mahal. Maka dari itu, rutinlah untuk mengecek baterai handphone anda karena baterai adalah inti daya pada perangkat.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Mati Dengan Mudah | Albi | 4.5