Cara memperbaiki dinamo starter motor

Fungsi dari dinamo starter sepeda motor sendiri adalah sebagai alat penggerak mesin pada saat dihidupkan dengan menggunakan tenaga listrik dari juga aki tanpa menggunakan kick starter. Dengan adanya dinamo starter maka motor Anda bisa dihidupkan. Jika tidak ada dinamo starter maka motor Anda bisa saja tidak bisa dihidupkan. Serta pasti kita tidak bisa menghidupkan sepeda motor kita dengan menggunakan elektrik starter. Agar dapat menghidupkan sepeda motor tanpa menggunakan elektrik starter, maka yang dapat Anda lakukan hanya bisa menggunakan kick starter saja. Dengan begitu pasti ini akan sangat merepotkan sekali bagi Anda tentunya. Lalu bagaimana cara agar dapat memperbaiki dinamo starter motor yang macet tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara memperbaiki dinamo starter motor

Bagi motor yang dibekali dengan dua jenis starter yaitu kick starter dan juga starter tangan tentu tidak terlau menjadi suatu masalah apabila starter tangan tidak dapat berfungsi karena untuk menghidupkan motor Anda masih bisa menggunakan kick starter, tetapi jika motor Anda hanya mempunyai satu starter tangan saja maka jika starter tersebut rusak dan Anda  tidak bisa untuk menghidupkan motor Anda. Tentu hal ini akan menjadi suatu persoalan tersendiri yang harus cepat untuk diselesaikan. Berikut ini beberapa penyebab mengapa  dinamo starter motor  macet atau rusak :

  • Laher kepala dinamo starter sepeda motor yang sudah  kendor
  • Brush dinamo starter sepeda motor yang sudah halus dan habis
  • Spull dinamo starter sepeda motor yang  rusak atau terjadi kebakaran
  • Poros as dinamo starter sepeda motor yang sudah macet

Dengan berbagai macam penyebab diatas maka Anda dapat mengetahui bagian mana dafi stater motor Anda yang mengalami msalah.Berikut ini saya  berikan beberapa  cara memperbaiki starter motor yang rusak dengan mengecek semua bagian secara lengkap :

  • Perikasalah pada aki atau baterai motor Anda

Bagian ini merupakan  suatu komponen yang terpenting pada motor Anda, karena aki ini menjadi salah satu sumber penghidupan utama pada starter motor Anda. Jika tombol starter dipencet tetapi motor dinamo tidak ada gerakan sama sekali maka aki Anda sudah tidak kuat lagi untuk mengangkat dinamo tersebut, maka dengan begitu hal yang bisa Anda lakukan adalah  mengecek dengan multimeter atau juga avometer agar dapat mengecek tegangan yang ada pada aki tersebut.

  • Periksa pada rangkaian starter

Langkah yang selanjutnya jika aki tidak ada masalah, maka  Anda bisa mengecek rangkaian pada starter apakah ada kabel yang terkelupas, putus atau juga komponen lainnya yang berkarat. Jika tetbukti tidak ada maka rangkaian starter Anda memang tidak mengalami masalah tetapi jika bisa langsung saja untuk Anda perbaiki.

  • Periksa relay pada starter Anda

Bagian ini meruapakan saklar elektromagnetik dari aki dan ke bagian motor starter. Agar dapat mengeceknya yaitu mudah cukup dengan menyambungkan kabel (-) dan juga (+), jika memang terjadi suatu percikan maka hal itu menandakan masih bagus dan tidak terjadi kerusakan.

  • Pemeriksaan pada motor starter atau Dinamo Starter

Cara untuk dapat mengeceknya yaitu dengan menggunakan alat multimeter, perhatikan apakah arus listrik yang mengalir masih normal atau malah tidak normal.

Demikianlah artikel mengenai cara memperbaiki dinamo starter motor, dengan begitu jika starter Anda mengalami suatu masalah maka Anda bisa mengatasi dan juga memperbaikinya. Semoga bermanfaat!

Cara memperbaiki dinamo starter motor | Albi | 4.5