Cara Memperbaiki Dispenser Rusak Karena Bocor dan Tidak Menyala

Kita tahu bahwa dispenser adalah sebuah alat elektronik yang bermanfaat untuk memanaskan atau mendinginkan air galon.

Tidak bisa kita pungkiri pada zaman yang serba canggih sekarang ini dispenser sudah menjadi suatu peralatan elektronik rumah tangga yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Khususnya bagi Anda yang ngekost atau juga tinggal di Apartemen dan tidak memiliki kompor gas, tentu dispenser adalah suatu pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Karena, hanya dengan dispenser Anda sudah bisa untuk mendapatkan air panas maupun dingin untuk secara instan. Namun karna terkadang pemakaiannya yang terlalu berlebih dapat menyebabkan dispenser menjadi rusak.

Masalah Yang Terjadi yaitu Karena Adanya Kebocoran

Bisa jadi kebocoran yang ada pada dispenser yaitu berasal dari galon air yang sudah rusak atau pun pecah. Jika terjadi kebocoran pada galon, maka air yang keluar akan meluap dan juga tidak bisa masuk sempurna ke bagian filter sehingga dapat mengakibatkan kebocoran.  Jika Anda mengalami masalah seperti ini, maka usahakan segeralah ganti galon dengan yang baru dengan cara menukarkan ke tempat dimana Anda membeli galon tersebut.

Selain itu bisa juga ada pada bagian tuas kran dispenser yang telah mengalami kerusakan. Dengan adanya kerusakan yang ada pada bagian tuas kran, air menjadi mampit walaupun kran sudah dalam keadaan yang terbuka.  masalah inilah yang akan membuat dispenser menjadi meluap atau pun mengalami kebocoran. Jadi apabila  hal seperti ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya segeralah mengganti tuas krannya.

Dengan catatan pada saat Anda membeli tuas kran yang baru, sebaiknya pilihlah komponen-komponen yang mempunyai kualitas yang baik dan juga terjamin, agar nantinya bisa lebih awet dan juga mempunyai ketahanan yang baik pula sehingga penggunaannya akan lebih lama lagi.

Bisa juga pada bagian corong yang menyalurkan air galon ke bagian penampungan air mengalami kerusakan, yaitu misalnya ada yang retak, namun memang tidak terlihat jika dilihat dengan kasat mata. Coba Anda lepaskan terlebih dahulu, kemudian celupkan ke ember berisi  dengan air penuh, fungsinya yaitu untuk mengetes bagian corong apakah ada keretakan atau tidak. Jika terdapat gelembung-gelembung yang bermunculan, berarti corong tersebut memang sudah dalam kondisi memang kurang baik.

Selanjutnya Anda bisa menanganinya dengan cara mengganti corong yang baru. Hal ini juga bisa terjadi mungkin akibat pemasangan galon yang memang terlalu kasar dan pada akhirnya terjadi benturan antara galon dengan corong dalam jangka waktu yang cukup lama, akhirnya lama-kelamaan corong akan mengalami keretakan karena diakibatkan oleh benturan-benturan tersebut.

Masalah Yang Terjadi Karena Dispenser Tidak Dapat Menyala

Dispenser yang tidak bisa menyala, biasanya  Anda bisa lihat dari lampu indikatornya yang tidak menyala. Jika Anda menemui masalah seperti ini, maka Anda patut curiga dengan kondisi dispenser anda tersebut. Namun tidak perlu khawatir, karena hal seperti ini ternyata bisa ditangani sendiri.

Berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan hal ini terjadi yaitu karena, terdapat bagian saklar yang sudah rusak, bagian sambungan pada kabel ada yang terputus, dan juga bagian thermofuse ada yang putus. Untuk memastikannya, maka Anda bisa saja melakukan pengecekan pada ketiga bagian tersebut terlebih dahulu, sehingga nantinya bisa dilakukan penanganan lebih lanjutnya bagaimana.

Pengecekannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan multimeter skala ohm. Dan dengan alat ini, Anda juga akan menjadi lebih mudah untuk menemukan penyebab utamanya. Jika sudah menemukan penyebabnya apa, maka segeralah ganti bagian yang telah rusak tersebut. 

Cara Memperbaiki Dispenser Rusak Karena Bocor dan Tidak Menyala | Albi | 4.5