Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Dengan Mudah

Kipas angin merupakan alat elektronik yang mampu mendinginkan tempat Anda. Selain menggunakan AC, Anda yang belum memiliki cukup uang juga bisa merasakan sejuk hanya dengan menggunakan kipas angin. Seperti yang Anda ketahui bahwa kipas angin jauh lebih murah dibandingkan dengan AC. Kipas angin umumnya menggunakan energi berupa listrik yang nanti akan berubah menjadi energi gerak yang menghasikan udara yang segar dan sejuk. Kipas angin memiliki bermacam-macam varian, dari segi fungsi, ukuran, penempatan dan lain sebagainya. Contohnya saja seperti computer atau laptop, di dalamnya tentu membutuhkan kipas angin yang berfungsi untuk mendinginkan komponen penting di dalamnya. Dengan demikian laptop atau computer Anda tidak mudah panas.

Dengan segala fungsi dan manfaat yang dimilikinya, kipas angin juga rentan terhadap kerusakan. Bagian yang sering mengalami kerusakan yaitu terdapat pada bagian kabel, kapasitor, motor listrik, gigi gear box, saklar tekan dan bagian lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi kipas angin yang rusak? Anda jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara mengatasi masalah pada kipas angin tanpa membeli kipas yang baru. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Cara memperbaiki kipas angin yang mati total :

  • Langkah pertama siapkan alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki kipas angin yaitu obeng, timah, kunci pas, solder, dan alat pendukung lainnya.
  • Langkah kedua, bongkar casing kipas angin yang akan diperbaiki.
  • Anda perlu mengecek apakah ada jalur listrik AC yang terputus, lalu lanjutkan mengecek bagian lainnya.
  • Langkah selanjutnya Anda cek bagian saklar kipas angin apakah masih berfungsi secara normal atau tidak.
  • Jika tidak ditemukan masalah pada bagian tersebut, langkah selanjutnya Anda perlu membongkar bagian casing dinamo kipas angin.
  • Setelah berhasil membongkar, carilah thermo fuse yang ada di bagian dalam isolator bersama dengan gulungan dinamo.
  • Setelah berhasil ditemukan, Anda cek thermo fuse menggunakan mutitester atau avometer. Jika kondisi thermo fuse masih normal maka jarum avometer akan bergerak menuju arah 0 ohm. Jika tidak bergerak berarti thermo fuse Anda rusak dan harus diganti.
  • Kerusakan pada umumnya terkadang sudah bisa diatasi pada bagian ini. jika belum bisa diatasi kemungkinan besar dinamo Anda rusak terbakar. Salah satu alternative untuk menyelesaikan yaitu membawa ke tukang dinamo untuk gulung ulang.

Cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat :

  • Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti yang sudah saya bahas untuk memperbaiki kipas angin yang mati total. Langkah yang harus dilakukan hampir sama dengan masalah yang awal.
  • Langkah selanjutnya, cek dinamo kipas angin dan bersihkan dinamo tersebut dengan menggunakan bensin. Jika sudah bersih, maka lakukan pelumasan dinamo dengan menggunakan oli bekas atau menggunakan pelumas lainnya.
  • Jika sudah bersih, kemudian Anda cek kapasitor kipas angin. Jika kapasitor telah rusah maka Anda harus menggantinya dengan yang baru dan memiliki nilai antara 1uf.400v sampai dengan nilai 1.5uf/400v.
  • Langkah selanjutnya Anda cek bagian thermostat. Jika lilitan berupa overheat berarti komponen ini akan terputus atau lemah sehingga menghasilkan supplay tegangan menjadi turun dan putaran kipas angin akan semakin lambat.
  • Jika masalah timbul pada thermostat, sebaiknya Anda ganti dengan yang baru. Maka masalah putaran melambat akan teratasi.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara mengatasi masalah pada kipas angin yang rusak karena mati total dan kipas angin yang putarannya sangat lambat.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Dengan Mudah | Albi | 4.5