Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A70 Terbaru

Samsung telah membuat peningkatan yang pada seri Galaxy A. Pada Seri A, Samsung telah memiliki smartphone hebat seperti Galaxy A50 dan Galaxy A30. Dan untuk kesempatan kali ini kami akan mengulas lengkap spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A70.

Ulasang Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A70

Kelebihan

  • Performa yang stabil
  • Daya tahan baterai bagus
  • Samsung Pay dengan dukungan MST
  • Layar yang bagus

Kekurangan

  • Kualitas Kamera biasa
  • Desain bagian belakang mudah tergores dan membekas sidik jadi

Galaxy A70 merupakan salah satu smartphone kelas menengah terbaik di pasaran saat ini. Produk ini merupakan kombinasi dari desain dan konfigurasi mesin yang hebat, tetapi yang paling menonjol pada produk Samsung ini sudah menghadirkan pengalaman kinerja mesin yang mulus dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Samsung juga telah memperbaharui seri Galaxy A dan Galaxy M untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone saat ini. Dengan seri Galaxy A, Samsung ingin menunjukan performa terbaiknya melalui Galaxy A70 dengan kelebihan seperti layar lebar, daya tahan baterai yang awet yang cocok untuk digunakan saat menggunakan jejaring sosial, menonton video atau bermain game selama berjam-jam.

Yang membuat Galaxy A70 berbeda dari smartphone merk lainnya, selain dari kinerjanya adalah berkat desain yang indah dan mulus. Selain itu terdapat juga fitur Samsung Pay, fitur yang diklaim menjadi unggulan smartphone ini dibandingkan merek lainnya.

Apa saja yang ada di dalam kotak penjualan Galaxy A70

  • Charger berkapasitas pengisian cepat 25W
  • Kabel USB-C 2 arah
  • SIM Ijektor
  • Kasing silikon
  • Headphone in-ear

Pengisi daya cepat 25W yang disertakan dalam kotak penjualannya dianggap cukup menarik karena sebagian besar smartphone pesaing lainnya hanya menggnakan charget pengisi daya rendah. Tambahan kecil lainnya di kotak penjualan yang juga menarik adalah terdapat kabel pengisian daya perangkat USB-C 2 arah, bukan dengan ujung USB-A.

Desain Samsung Galaxy A70

  • Ukuran : 164,3 x 76,7 x 7,9mm
  • Berat : 183 gram
  • Layar : Infinity U
  • Port USB : USB-C
  • Dan terdapat jack headphone 3.5mm
  • Layar sidik jari optik

Galaxy A70 masih memiliki desain yang sangat mirip dengan Galaxy A50, tetapi perbedaannya tidak banyak dan bahan yang digunakan pada desain bodi smartphone ini tidak terlalu berkelas. Bagian belakang smartphone ini hanya terbuat dari plastik. Akan lebih bagus jika Samsung menggunakan bahan kaca yang kuat, tetapi tentu saja desain menggunakan bahan ini masih cukup terlihat menarik di segmen kelas menengah ke atas.

Selain itu, pada kotak penjualannya Anda juga akan diberikan penutup belakang silikon dengan kualitas tinggi untuk melindungi ponsel dari goresan dengan lebih baik.

Samsung telah sangat sukses dalam meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal desain Galaxy A70. Tombol volume naik dan turun dan tombol power diletakan di sisi kanan, cukup dekat dengan jangkauan walaupun ukurannya cukup besar. Bagian dagu dibagian depannya jauh lebih kompak daripada adiknya A50 atau A30, kemudian ukuran bezel juga sudah dioptimalkan dengan baik, dan memiliki notch tetesan air atau yang disebut samsung Infinity-U. Di bagian tepi bawah terdapat port pengisian USB-C dan jack headphone.

Mirip dengan Galaxy A50, A70 juga sudah memiliki sensor sidik jari optik di layar. Sensor sidik jari bekerja cukup efektif, meskipun tidak dapat dibandingkan dengan sensor ultrasonik tetapi kecepatan pemrosesannya masih dapat diterima dalam kisaran harga yang lebih murah dibanding smartphone flagship.

Selain pada samartphone flagship Samsung, Galaxy A70 merupakan smartphone mid-range pertama Samsung yang mendukung fitur Samsung Pay (MST). Saat ini masih banyak mesin kasir yang tidak mendukung NFC, karena metode MST diperlukan untuk pembayaran di kasir yang lebih mudah. MST juga memungkinkan Galaxy A70 untuk mensimulasikan gesekan kartu debit pada perangkat pembayaran tanpa NFC.

Galaxy A70 memiliki ukuran yang cukup besar, tetapi berkat ujungnya yang bulat dan beratnya hanya 183g, maka akan membantu pengguna saat menggunakan ponsel ini hanya dengan satu tangan dengan penggunaan waktu yang lama.

Layar

  • Layar : 6,7 inci FullHD +
  • Rasio aspek : 20: 9
  • Panel layar : Super AMOLED

Galaxy A70 juga sudah dilengkapi dengan layar besar 6,7 inci, menggunakan panel Super AMOLED, resolusi sudah berkualitas FullHD +, dan juga memiliki frame rate 20: 9 untuk menghadirkan kualitas tampilan layar yang cukup cerah untuk Anda gunakan dalam kondisi pencahayaan di luar ruangan, menikmati film-film terbaru dari Netflix atau bermain game di smartphone. Galaxy A70 juga sudah memiliki dukungan Widevine L1, sehingga Anda dapat melihat semua konten favorit dalam resolusi tinggi.

Mungkin resolusi FullHD + sedikit lebih rendah pada layar besar 6,7 inci, tetapi masih lebih dari cukup bagi Anda untuk menggunakan tugas sehari-hari seperti membaca koran online atau menjelajahi web. Selain itu, layar pada smartphone ini juga sudah dapat menghemat sejumlah besar daya untuk menggunakan resolusi FullHD + daripada menggunakan resolusi QuadHD (+).

Pengaturan pada layar smartphone ini juga menyediakan sejumlah pilihan untuk menyesuaikan layar seperti mengubah tingkat saturasi, keseimbangan putih dan bahkan nilai individual untuk spektrum RGB.

Performa

  • Prosesor : Snapdragon 675 (8 core)
  • RAM : 6GB
  • Grafis : Adreno 612
  • Memori internal : 128GB
  • Ada slot kartu microSD

Galaxy A70 sudah menggunakan prosesor Snapdragon 675, memastikan keseimbangan yang hebat antara kinerja dan masa pakai baterai.

Snapdragon 675 memiliki 8 core, termasuk 6 core Cortex A55 dan 2 core Cortex A76. Prosesor ini juga digunakan pada Redmi Note 7 Pro.

Galaxy A70 memiliki memori internal 128GB, yang mana sekitar 108GB tersisa untuk bisa digunakan sebagai penyimpanan data, aplikasi, game dan file yang Anda miliki dan 20 GB sudah digunakan oleh sistem. Anda dapat memperluas memori internal juga tidak cukup melalui slot kartu microSD. Smartphoneini juga memiliki slot nanoSIM ganda dan mendukung VoLTE pada kedua SIM.

Galaxy A70 sudah memiliki kinerja luar biasa berkat pengoptimalan perangkat lunak Samsung yang sangat baik. Dengan mikroprosesor, kapasitas RAM yang bersar, Galaxy A70 dapat sepenuhnya mengalahkan Redmi Note 7 Pro.

Saat digunakan untuk bermain game PUBG di Galaxy A70 sudah bisa menggunakan level grafis tertinggi, meskipun ada notifikasi untuk mengurangi frame, tapi ketika Galaxy A70 masih menawarkan pengalaman yang mulus saat bermain game ini. Smartphone ini juga akan memanas ketika bermain untuk waktu yang cukup lama, tetapi karena bagian belakang terbuat dari plastik, sehingga akan terasa tidak nyaman di tangan dan ini merupakan salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy A70.

Baterai

Selain memiliki ukuran yang besar, Galaxy A70 juga menggunakan baterai berkapasitas besar. Yaitu dengan kapasitas baterai 4,500mAh memastikan bahwa Anda bisa menggunakannya dalam seharian. Jika digunakan untuk kebutuhan dasar, smartphone ini bisa bertahan hampir dua hari. Tapi jika digunakan terus menerus untuk kinerja berat, smartphone ini bisa bertahan hampir tujuh jam, angka yang cukup bagus untuk smartphone dengan layar besar seperti ini.

A70 merupakan smartphone Samsung pertama yang memiliki dukungan pengisian cepat 25W. Meskipun tidak secepat beberapa standar yang bersaing seperti VOOC atau Dash, Anda masih dapat mengisi daya lebih dari satu jam.

Perangkat lunak

  • Android Pie
  • One UI 1.1

Galaxy A70 sudah menjalankan Android Pie dengan One UI 1.1 interface mirip dengan perangkat One UI lainnya seperti yang digunakan Galaxy S10 dan A50. Perangkat lunak mudah digunakan dengan banyak pilihan untuk menyesuaikan antarmuka sesuai dengan keinginan Anda.

Seperti perangkat Samsung lainnya yang terbaru, interface pada Galaxy A70 sangat bersih, tidak banyak aplikasi dari pihak ketiga, tetapi masih akan memiliki aplikasi bawaan dari Google.

Kamera

  • Kamera belakang : 32MP, aperture F / 1.7 + Kamera sudut lebar 8MP dengan 120 derajat + Sensor kedalaman 5MP
  • Kamera depan : 32MP (sensor Samsung GD1)

Saat berbicara smartphone kelas menengah, kemampuan untuk mengambil foto pada Samsung Galaxy A70 merupakan salah satu peningkatan yang paling terlihat di Seri A. Namun, bukan hanya spesifikasi kamera yang tinggi akan menghasilkan kualitas gambar yang terbaik.

Sama seperti pada Galaxy A50, foto-foto yang diambil dari A70 cenderung terlalu banyak membuat hasil gambar terlihat lebih cerah atau bisa dikatakan terlalu terang.

Dalam kondisi cahaya yang baik, detail dalam gambar akan terlihat sangat jelas, tetapi Anda dapat dengan mudah mengenali area cahaya yang berlebihan.

Dengan kondisi pencahayaan dalam ruangan, kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera Samsung Galaxy A70 langsung menurun secara signifikan. Ada tingkat penurunan kualitas tertentu untuk gambar dan keseimbangan putih kurang sempurna. Selain itu, noise gambar juga mulai muncul saat kondisi pemotretan minim cahaya, yang berarti bahwa detailnya seperti rambut atau kulit akan benar-benar hilang.

Dengan kondisi cahaya yang relatif rendah saat memotret menggunakan kamera utama Samsung Galaxy A70 di dalam ruangan, hasil akan terlihat memiliki kualitas gambar yang berkurang secara signifikan. Potret yang dihasilkan dari kamera sudut lebar juga memberikan hasil yang lebih buruk.

Jika Anda penggila foto selfie, maka kamera depan yang dimiliki Galaxy A70 dapat membuat Anda puas. Tergantung pada pengaturan dalam aplikasi kamera, Anda dapat memilih berbagai kualitas gambar, yang tertinggi adalah 32MP. Galaxy A70 tidak menggunakan kamera selfie ganda, sebagai gantinya, terdapat kamera selfie dengan lensa sudut lebar. Jika Anda ingin mendapatkan foto selfie yang fokus lebih dekat, Anda bisa memotong mengunakan aplikasi edit foto.

Galaxy A70 juga sudah memastikan perekaman video dalam resolusi 4K @ 30fps, tetapi tidak ada mode anti-guncangan elektronik atau optik. Galaxy A70 dapat merekam video Super-slowmotion dengan kualitas 720p dengan 480 frame / detik.

Harga Galaxy A70

Galaxy A70 secara langsung bersaing dengan smartphone merk lainnya seperti Nokia 8.1 dan bahkan Poco F1. Harga jual Galaxy A70 GB 6GB + 128 GB di situs resminya dijual dengan harga Rp. 5.7 juta.

Galaxy A70 merupakan pilihan yang bagus, karena sudah berfokus pada pengalaman pengguna smartphone kelas menengah saat ini. Nokia 8.1 menyediakan Android murni, tetapi tidak memiliki baterai besar, pengisian cepat 25W dan layar Super AMOLED yang besar dan indah. Pocophone F1 ditujukan untuk pengguna yang lebih tertarik dalam memproses kinerja daripada spesifikasi dan fitur secara keseluruhan.

Kesimpulan

Galaxy A70 merupakan salah satu smartphone paling tepat yang dapat Anda miliki saat ini. Performa smartphone ini memanglah bukan yang terkuat, tidak memiliki kualitas kamera terbaik, tetapi lebih dari itu,  Samsung Galaxy A70 akan menawarkan pengalaman penggunaan yang luar biasa dalam semua aspek. Ada kelebihan kecil pada Galaxy A70 yang perlu dipertimbangkan bahwa smartphone ini lebih tahan jatuh karena menggunakan bahan plastik dukan menggunakan kaca, tetapi Anda harus menggunakan soft case atau hard case untuk menghindari goresan pada bagian belakang smartphone ini.

 

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A70 Terbaru | Albi | 4.5